Jumat, 07 April 2017

Sejarah Keju Mozarella


 KEJU MOZARELLA


 Keju Mozarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara d iputar dan di potong. Karna dalam bahasa Italia Mozzare berarti memotong, keju ini dibuat dari susu sapi ataupun susu kerbau. Mozarella segar umumnya berwarna putih namun dapar berwarna kuning terang tergantung makanan sapi atau kerbau yang diambil susunya. Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi. Mozarella dengan kadar air yang rendah, dapat disimpan dilemari es dalam satu bulan. Bertahan lebih lama apabila disimpan di dalam kemasan hampa udara. Mozarella dengan kadar air rendah yang sudah diparut dalam disimpan hingga 6 bulan. Keju ini digunakan pada pizza, lasagna, atau dimakan dengan irisan tomat dan basil pada hidangan Insalata Caprese.

 SEJARAH KEJU MOZARELLA

Mozarella pertama kali dibuat di dekat Naples, Italia dengan menggunakan susu kerbau. Ketika itu banyak terdapat kerbau - kerbau didaerah pedesaan yang digunakan untuk mengangkut barang dan membajak. Menurut legenda,  Keju Mozarella pertama kali dibuat secara tidak sengaja, seseorang menjatuhkan dadih ke dalam ember yang berisi air panas disebuah pabrik keju di Naples dan jadilah Keju Mozarella yang dikenal saat ini. Karna dibuat dengan susu kerbau yang tidak dipasteurisasi, keju ini tidak dapat bertahan lama dan karnanya tidak dapat dikirim ke daerah diluar Naples. Ketika teknologi mulai berkembang, keju ini pun dapat dikirim ke daerah daerah lainnya. Rujukan - rujukan mengenai keju ini bermunculan pada abad ke- 12 dan keju ini telah menjadi populer didaerah selatan Italia pada abad ke- 18 ketika masih diproduksi dalam jumlah kecil.
Mozarella memiliki bentuk seperti bola, tetapi banyak bentuk - bentuk lainnya keju ini, yaitu 
  1. Boconcini atau suapan
  2. Ciliegine atau simpul kecil
  3. Rizzayolla atau balok
  4. Ovoline atau telur       
Berat dari keju ini sekita 200 hingga 795 gram. Keju ini berwarna putih dengan kulit yang sangat tipis dan halus. Ketika dipotong akan menghasilkan cairan putih yang beraroma susu. Keju Mozarella dijual di Italia bersama dengan air dadihnya untuk menjaga kesegarannya. Keju ini merupakan keju yang harus dimakan langsung beberapa hari setelah pembuatan. Mozarella memiliki variasi jenis, yaitu;
  1. Mozarella di Buffalo, keju ini sepenuhnya dibuat dari susu kerbau.
  2. Mozarella Fiordilatte, yang dibuat dari susu sapi dipasteurisasi atau pun tidak dipasteurisasi.
  3. Mozarella Afunikata, yang dibuat diasapkan.
  4. Mozarella Skamorza dibuat dengan cara pengasapan yang lebih insten pada Keju Mozarella
Mozarella sangat cocok untuk konsumsi selama diet. Dalam 30 g, mozarella hanya mengandung 72 kalori 4,5 g lemak. Selain itu, kandungan beragam vitamin dalam Mozarella seperti Niacin, Riboflafin, Thianine, Biotin, Vitamin A, D, E dan B6 dapat sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda. Tidak ketinggalan mineral dan protein penting dalam susu juga ikut tersalur jika mengonsumsi Mozarella.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah Kain Sirangan

Sejarah Sasirangan                        Kain Sasirangan umumnya digunakan sebagai kain adat yang biasa digunakan pada acara - acara adat...